Implementasi Algoritma Kriptografi RC4 Pada DSP TMS320C6713 Sebagai Pendukung Sekuritas Jaringan Komunikasi Voice over Internet Protocol (VoIP)

Authors

  • Muhammad Fauzan Edy Purnomo Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Wahyu Adi Priyono Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Sapriesty Nainy Sari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Rusmi Ambarwati Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Asri Wulandari Politeknik Negeri Jakarta Depok

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v6i2.189

Abstract

Perkembangan teknologi VoIP yang berbasis IP dapat memberikan efek samping, seperti penyadapan yang tidak menguntungkan bagi pengguna teknologi tersebut. Beberapa kasus penyadapan informasi berupa paket data VoIP, yang mungkin terjadi adalah penyadapan pada jaringan server VoIP, maupun pembuatan jalur baru yang paralel dengan jalur yang ditentukan oleh server VoIP. Sehingga untuk mengatasi beberapa kasus tersebut diperlukan sebuah sistem pengamanan data (informasi). Dalam penelitian ini akan dieksplorasi secara khusus masalah sekuritas jaringan VoIP dengan menggunakan algoritma kriptografi RC4 yang diterapkan pada DSP TMS320C6713, yaitu bagaimana merancang algoritma enkripsi dan menganalisa performansi dari kriptografi RC4 dengan memanfaatkan TMS320C6713 dan jaringan VoIP berbasis SIP (Session Initiation Protocol). Hasil pembahasan yang dilakukan, menunjukkan bahwa sistem perancangan pada penerapan kriptografi RC4 terdiri dari sistem pengacak dan penerjemah. Sistem pengacak dan penerjemah terdiri dari blok sinyal masukan, blok TMS320C6713 yang diprogram algoritma kriptografi RC4 sebagai interface untuk memproses sinyal secara digital. Sehingga hasil secara keseluruhan dalam hal sekuritas akan sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan komunikasi.Kata kunci: VoIP, Kriptografi RC4, TMS320C6713, enkripsi.

Downloads

How to Cite

[1]
M. F. Edy Purnomo, W. A. Priyono, S. N. Sari, R. Ambarwati, and A. Wulandari, “Implementasi Algoritma Kriptografi RC4 Pada DSP TMS320C6713 Sebagai Pendukung Sekuritas Jaringan Komunikasi Voice over Internet Protocol (VoIP)”, jeeccis, vol. 6, no. 2, pp. pp.183–188, Apr. 2013.

Issue

Section

Articles