Analisis Pengaruh Kecepatan Putaran Spin Coating dengan Bahan Perovskite Kalsium Silikat Terhadap Kinerja Perovskite Solar Cell

Authors

  • Eka Maulana Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Nurussa'adah Nurussa'adah Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Mochamad Andhika Prakasa

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v15i2.1543

Keywords:

Perovskite Solar Cell (PSC), Kalsium Karbonat (CaCO_3), Silikon Dioksida (SiO_2), Kalisum Silikat (CaSiO_3)

Abstract

Saat ini kebutuhan energi di Indonesia terus mengalami peningkatan sejalan dengan tingkat kehidupannya, salah satunya adalah energi listrik. Energi listrik merupakan kebutuhan yang penting untuk membantu mempermudah aktivitas manusia. Penggunaan energi listrik terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan energi listrik yang tidak efisien khususnya pada sektor rumah tangga. Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah permanenan energi menggunakan sel surya. Hal ini sangat memungkinkan mengingat Indonesia adalah negara beriklim tropis yang mendapatkan sinar matahari terus menerus sepanjang tahun. Perovskite Solar Cell merupakan terobosan baru sebagai alternatif pembuatan panel surya. Material yang digunakan sebagai bahan perovskite menjadi objek penelitian yang luas dan sangat terbuka untuk dikembangkan karena efesiensi yang didapatkan mengalami peningkatan yang luar biasa dari 3,8% menjadi 22,1% sejak tahun 2009. Pada penelitian ini, bahan perovskite yang digunakan adalah CaSiO3 dengan variasi kecepatan putaran spin coating 600 rpm, 700 rpm, 800 rpm, 900 rpm, dan 1000 rpm. Dalam pengujiannya, lampu senter LED Torch Cree E17 XM-L T6 digunakan sebagai sumber cahaya karena dapat menghasilkan cahaya hingga 8000 lumen. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan tegangan dan arus rata-rata terbesar mampu dihasilkan oleh sampel dengan variasi kecepatan putaran 1000 rpm yaitu 240,05 mV dan 2,1394 uA.

References

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Kholiq, I. (2015). Analisis Pemanfaatan Sumber Daya Energi Alternatif Sebagai Energi Terbarukan untuk Mendukung Subtitusi BBM. Jurnal Iptek, 19(2), 75-91.

Adam, L. (2016). Dinamika sektor kelistrikan di Indonesia: kebutuhan dan performa penyediaan. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 24(1), 29-41.

Wibawa, U., & Darmawan, A. (2012). Penerapan Sistem Photovoltaik Sebagai Suplai Daya Listrik Beban Pertamanan. Jurnal EECCIS, 2(1), 26-37.

Saliba, M., Taisuke, Matsui, et al. (2016). Cesium-Containing Triple Cation PSCs: Improved Stability, Reproducibility, and High Efficiency. Switzerland: Laboratory of Photonics and Interfaces, Institute of Chemical Sciences and Engineering, École Polytechnique Fédérale de Lausanne, Lausanne CH-1015.

Puspita, E. (2018). Sintesis dan Karakterisasi Kalsium Silikat Berbahan Dasar Cangkang Kerang Darah Pada Suhu Kalsinasi 1000°

Torimtubun, A. A. A., Anniza, C. A., Eka, M. & Lusi, E. (2018). Affordable and Sustainable new Generation of Solar Cell: Calcium Titanate (CaTiO3) – Based Perovskite Solar Cell. Jurnal E3s Web Conferences 67. Balikpapan: Institut Teknologi Kalimantan.

Aziza, Miladina Rizka. (2018). Pengaruh Variasi Dye Klorofil Dan Antosianin Terhadap Daya Keluaran Dye-Sensitized Solar Cell. Tidak dipublikasikan (skripsi). Malang: Universitas Brawijaya

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

[1]
E. Maulana, N. Nurussa’adah, and M. A. Prakasa, “Analisis Pengaruh Kecepatan Putaran Spin Coating dengan Bahan Perovskite Kalsium Silikat Terhadap Kinerja Perovskite Solar Cell”, jeeccis, vol. 15, no. 2, pp. pp 49–55, Aug. 2021.

Issue

Section

Articles