Metode Pengurangan Spektral Tak Linier Untuk Estimasi Amplitudo Spektral

Ali Mustofa

Abstract


Estimasi amplitudo spektral membentuk dasar sistem pengembalian signal, seperti pengurangan derau wicara, dimana distorsi fasa dapat dihilangkan. Bentuk estimasi spektral amplitudo adalah pengurangan spektral.

Metode ini adalah untuk pengembalian spektrum daya atau spektrum magnitudo dari sinyal yang diobservasi dalam derau tambahan melalui pengurangan dari estimasi spektrum derau rata-rata dari spektrum sinyal yang berderau.

Spektrum yang berderau akan diestimasi dan diperbaharui dalam periode tersebut. Untuk pengembalian dari sinyal dengan domain waktu, estimasi dari spektrum magnitudo sesaat akan dikombinasikan dengan fasa dari sinyal yang berderau dan kemudian ditransformasikan melalui transformasi balik diskret Fourier menjadi domain waktu.

Dalam penelitian ini akan membahas pengurangan spektral tak linier. Metode pengurangan spektral tak linier ini untuk mengurangi tingkat derau residu dengan cara dengan mengurangi derau karena terjadi pengurangan yang berlebih (atau over-estimasi dari spektrum derau). Dalam metode ini porsi derau yang dikurangi dari sinyal diatur secara adaptif sesuai dengan rasio sinyal terhadap derau atau signal to noise ratio (SNR). Pada metode ini dapat memberikan hasil yang dapat diperbaiki.

Kata Kunci— amplitudo, fasa, fourier, SNR, spektral


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.