Rancang Bangun Universal Software Radio Peripheral N210 pada Pengindraan Spektrum Melalui Deteksi Energi

Authors

  • Sigit Kusmaryanto Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Ali Mustofa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Hanif Ahimsa

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v15i3.1551

Keywords:

SDR, USRP N210, GNU Radio, Penginderaan Spektrum, Deteksi Energi

Abstract

Kelangkaan dalam pengajuan sebuah saluran nirkabel (frekuensi) menjadi dilema untuk penyedia jasa maupun operator telekomunikasi. Teknologi radio kognitif memberikan solusi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan spektrum secara signifikan. Radio kognitif terdiri dari 4 siklus langkah yaitu penginderaan spektrum, pengelolaan spektrum, spektrum berbagi, dan mobilitas spektrum yang mana penginderaan spektrum merupakan langkah yang paling penting dan kompleks. Dalam penelitian ini telah dianalisis penginderaan spektrum dengan deteksi energi pada frekuensi 825MHz dengan lebar pita frekuensi 20MHz menggunakan GNU Radio dan USRP N210. Teknik penginderaan spektrum yang digunakan adalah deteksi energi. Seluruh percobaan dilakukan dalam GNU Radio Companion (GRC) dan setelah itu data phyton akan dianalisis secara eksternal (MATLAB). Data untuk 30 frame waktu yang berisi 1024 sampel setiap frame dianalisis. Akhirnya, untuk menemukan nilai threshold yang optimal, probabilitas false alarm (Pfa) telah terhitung dalam 30 frame waktu untuk 5 nilai threshold berbeda di -98 dB, -99dB, -100 dB, -101 dB, -102 dB. Nilai akhir yang dicari adalah nilai threshold dengan Pfa persis dibawah 5%.

References

Federal Communications Commission. (2002), “Spectrum policy task force report,” in Proceedings of the Federal Communications, Amerika Serikat.

GNU Radio Companion, https://gnuradio.org/redmine/projects/gnuradio/wiki/GNURadio Companion.

Kalia, Samriti. (2015), Spectrum sensing Techniques and Challenging Issues in Cognitive Radio, SSRG International Journal of Electronics and Communication Engineering (SSRG IJECE)

Mitola, Joseph dan Maguire, Gerald Q. (1999), Cognitive Radio: making software radios more personal, IEEE Personal Communications.

Collins, Travis F., dkk. SOFTWARE-DEFINED RADIO for ENGINEERS. Mobile communication series.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

[1]
S. Kusmaryanto, A. Mustofa, and H. Ahimsa, “Rancang Bangun Universal Software Radio Peripheral N210 pada Pengindraan Spektrum Melalui Deteksi Energi”, jeeccis, vol. 15, no. 3, pp. pp 104–108, Dec. 2021.

Issue

Section

Articles