Sistem Pendukung Keputusan Pengobatan Penderita Diabetes Menggunakan Integrasi Decision Table dan Algoritma Genetika

Sumartini Dana, Purnomo Budi Santoso, D. J. Djoko H. S

Abstract


Pengelolaan diabetes diperlukan pengaturan pola makan berhubungan dengan komposisi bahan makanan. Untuk mendapatkan bahan makanan yang tepat dengan tipe diabetes beserta kandungan nutrisinya, diperlukan integrasi dari dua sistem yaitu Decision Table (DT) dan Algoritma Genetika (AG) yang berbeda fungsinya tetapi menghasilkan output yang diinginkan.

Data masukan dari pengguna akan diproses di dalam DT berdasarkan basis pengetahuan untuk mendapatkan jenis diabetes. Hasil dari proses DT, data nutrisi dan data masukan diproses di dalam AG menghasilkan bahan makanan sesuai dengan kondisi. Dalam pengujian ini digunakan 200 data bahan makanan yang didapat dari data pakar beserta nutrisi. Dari data tersebut dibentuk populasi dengan jumlah yang bervariasi setiap kromosomnya memiliki 10 gen, masing-masing gen menunjukan indeks bahan makanan pada basis data. Nilai probabilitas pindah silang ditentukan dengan membangkitkan nilai acak untuk mendapatkan kombinasi yang memiliki nilai fitness terbaik. Output yang dihasilkan adalah kombinasi bahan makanan sesuai nutrisi dan tipe diabetes.

Hasil analisis berupa total kebutuhan kalori perorang, berat badan ideal dan jenis tipe merupakan hasil dari DT, hasil dari nutrisi adalah kebutuhan nutrisi perorang dan hasil AG adalah bahan makanan yang disarankan dan bahan makanan yang harus dihindari.

Kata Kunci— Sistem pendukung keputusan, Algoritma Genetika, Decision Table


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.