Aplikasi Solar Tracker System Berbasis Arduino Uno untuk Sistem Photovoltaic pada Penerangan Jalan Umum

Authors

  • Unggul Wibawa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Hery Purnomo
  • Ahmad Zaki Ramadhani

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v15i2.1542

Keywords:

fotovoltaik, daya, efisiensi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbandingan keluaran daya antara panel surya konvensional dengan panel surya yang menggunakan sistem  pelacak sinar matahari (solar tracker system). Pada penelitian ini juga membahas bagaimana rancangan sistem fotovoltaik yang akan digunakan untuk mencatu lampu penerangan jalan umum dengan menggunakan lampu LED DC sebesar 5 watt dan rancangan sistem alat pelacak sinar matahari yang berbasis Arduino uno. Perbandingan yang dilakukan adalah dengan mengukur arus dan tegangan keluaran kedua buah panel surya dimana satu panel surya konvensional dan satu panel surya menggunakan sistem pelacak sinar matahari. Pengujian dilakukan dalam dua kondisi yaitu pada kondisi cuaca cerah dan pada kondisi cuaca mendung. Pada cuaca cerah rata- rata selisih efisiensi antara panel surya yang menggunakan sistem pelacak sinar matahari dengan panel surya konvensional adalah sebesar 1,12% dan pada kondisi cuaca mendung adalah sebesar 1,94%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa panel surya yang menggunakan sistem pelacak sinar matahari memiliki tingkat efisiensi daya yang lebih tinggi dari pada panel surya konvensional.

References

Abrori, M., Sugiyanto., Niyartama (2017). Pemanfaatan Solar Cell Sebagai Sumber Energi Alternatif dan Media Pembelajaran Praktikum Siswa Di Pondok Pesantren “Nurul Iman” Sorogenen Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Menuju Pondok Mandiri Energi. Volume 1 No. 1.

Sihombing, D. T. B., Kasim, S. T. (2013). Perencanaan Sistem Penerangan Jalan Umum dan Taman di Areal Kampus USU dengan Menggunakan Teknologi Tenaga Surya (Aplikasi di Areal Pendopo dan Lapangan Parkir).

Sumbung, F. H., Letsoin, Y. (2012). Analisa dan Estimasi Radiasi Konstan Energi Matahari Melalui Variasi Sudut Panel Fotovoltaik SHS 50 WP. Jurnal Ilmiah Mustek Anim Ha Vol.1 No.1.

Fauzi, K. W., Arfianto, T., Taryana, N. (2018). Perancangan dan Realisasi Solar Tracking System untuk Peningkatan Efisiensi Panel Surya Menggunakan Arduino Uno.

Wibawa, U. (2017). Pendekatan Praktis Pembangkit Energi Baru & Terbarukan. Malang: UB Press.

Suriadi, Syukri. (2010). Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpadu Menggunakan Software PVSYST Pada Komplek Perumahan di Banda Aceh. Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 9, No. 2. Bandar Lampung: Jurusan Teknik Elektro, Universitas Lampung.

Sodikin, N. H., Samosir, A. S., Komalasari, E. (2015). Rancang Bangun Prototipe Emulator Sel Surya Menggunakan Buck Converter Berbasis Arduino. Jurnal Rekayasa dan Teknologi

Elektro.

Pearsall, N. (2017). The Performance of Photovoltaic (PV) Systems. Modelling, Measurement and Assesment. United Kingdom: Woodhead Publishing.

Labouret, A., Villoz, M. (2009). Solar Photovoltaic Energy, United Kingdom: The Institution of Engineering and Technology.

Verma, M. (2017). Working, Operation, and Types of Arduino Microcontroller. International Journal of Engineering Sciences & Research Technology. India: Research Scholar, Electrical Department, BUEST, Baddi, HP.

Fadhlullah, K. (2017). Solar Tracking System Berbasis Arduino Uno. Makassar: Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar.

Tsauqi, A. K., Hadijaya, M., Manuel, I., Hasan, V.M., Tsalsabila, A., Chandra, F., Yuliana, T., Tarigan, P., Irzaman. (2016).

Saklar Otomatis Berbasis Light Dependent Resistor (LDR) Pada Mikrokontroler Arduino Uno. Jakarta: Prodi Pendidikan Fisika dan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

[1]
U. Wibawa, H. Purnomo, and A. Z. Ramadhani, “Aplikasi Solar Tracker System Berbasis Arduino Uno untuk Sistem Photovoltaic pada Penerangan Jalan Umum”, jeeccis, vol. 15, no. 2, pp. pp 43–48, Aug. 2021.

Issue

Section

Articles