Sistem Deteksi Cuaca Berdasarkan Analisis Histogram HCL Menggunakan Algoritma k-Nearest Neighbor ( KNN )

Authors

  • Siti Hariani Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v14i1.626

Keywords:

Video digital, Histogram warna HCL, K-Nearest Neighbor

Abstract

Abstrak - Belakangan ini cuaca ekstrim yang berubah – ubah yang tidak dapat ditebak sering terjadi yang mengganggu aktivitas sehari  - hari. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat mendeteksi kondisi cuaca berdasarkan citra awan.  Oleh Karena penulis pada penelitian ini akan membuat sistem pendeteksi kondisi cuaca berdasarkan citra awan. Pada sistem ini, penulis akan melakukan penelitian dengan melalui video digital yang direkam menggunakan Handphone yang di lengkpai dngan fiture perekam video untuk mendaptkan citra pada awan. Penulis akan melakukan perekaman kondisi cuaca awan sekitar dalam waktu yang singkat hanya dalam  jangka waktu 5 menit. Setelah itu video yang telah direkam akan diekstraksi ciri dengan metode histogram warna terhadap citra awan yang telah ditangkap oleh Camera vido digital. Kemudian dilakukan proses klasifikasi menggunakan algoritma k-Nearest Neighbor. Algoritma klasifikasi yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah k-Nearest Neighbor, yang diharapkan mampu untuk mengenali citra awan dan mengklasifikasi kondisi cuaca. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem menghasilkan tingkat akurasi sebesar 84,21%. Kondisi cuaca yang diprediksi adalah kondisi cerah berawan, berawan, hujan, malam cerah dan malam hujan.

Author Biography

Siti Hariani, Universitas Harapan Medan

Teknik Informatika

References

Wardhani I.P dan Sarifuddin Madenda. Algoritma Ekstraksi Video Frame Berdasarkan Analisis Histogramwarna Hcl. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Volume 15 Nomor:2.Diambil dari : http://ejournal.jakstik.ac.id/index.php/komputasi/article/viewArticle/2208/ (Desember 2016 )

Handhoko,Arif.dkk. Sistem Deteksi Kondisi Cuaca Berdasarkan Pencitraan Awan Berbasis Pengolahan Citra Digital Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN).Diambil dari :

https://www.researchgate.net/profile/Yuli_Fitrisia/publication/291336172_Sistem_Deteksi_Kondisi_Cuaca_Berdasarkan_Pencitraan_Awan_Berbasis_Pengolahan_Citra_Digital_Menggunakan_Algoritma_K-Nearest_Neighbor_k-nn/links/5aeaac61a6fdcc03cd90cb73/Sistem-Deteksi-Kondisi-Cuaca-Berdasarkan-Pencitraan-Awan-Berbasis-Pengolahan-Citra-Digital-Menggunakan-Algoritma-K-Nearest-Neighbor-k-nn.pdf.

Downloads

Published

2020-04-24

How to Cite

[1]
S. Hariani, “Sistem Deteksi Cuaca Berdasarkan Analisis Histogram HCL Menggunakan Algoritma k-Nearest Neighbor ( KNN )”, jeeccis, vol. 14, no. 1, pp. pp. 27–30, Apr. 2020.

Issue

Section

Articles