Perancangan Dan Implementasi Wave Shaper Pada Transistor Dengan Metode Soft Clipping

Authors

  • Ryan Rama Putra Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang
  • Waru Djuriatno Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v13i1.573

Abstract

Amplifier tabung vakum terkenal karena dapat mereproduksi suara gitar menjadi “hangat†dan “lantangâ€. Hal ini disebabkan oleh karakteristik penguatan yang unik dari amplifier tabung vakum itu sendiri. Akan tetapi, teknologi tabung vakum memiliki kekurangan dalam hal efisiensi, ukuran, dan performa. Untuk itu, peneliti merancang dan mengimplementasikan wave shaper pada transistor dengan metode soft clipping, menggunakan sistem penguatan cascade dua tingkat dengan q-point yang berbeda di tiap tingkatannya. Sehingga rangkaian dapat menghasilkan karakteristik penguatan seperti amplifier tabung vakum yakni asymmetrical clipping dengan hard clipping pada siklus positif dan soft clipping pada siklus negatif, juga menghasilkan struktur distorsi harmonis berupa harmonis kedua dengan persentase 40%, harmonis ketiga dengan persentase 15%, dan harmonis keempat dengan persentase 18 %, serta persentase harmonis lainnya sama atau kurang dari 5%.

References

W. H. Paul Horowitz, The Art of Electronics, New York: Cambridge University Press, 2015.

R. O. Hamm, "Vacuum Tubes Vs. Transistors," Journal of The Audio Engineering Society, vol. 21, no. 4, 1973.

T. E. Rutt, "Vacuum Tube Triode Nonlinearity as Part of The Electric Guitar Sound," Journal of The Audio Engineer Society, 1984.

F. Langford-Smith, Radiotron Desginer's Handbook, Sydney: Wireless Press, 1953.

H. K. H. F. Tjahjo Kartiko Dirgantoro, "Studi Tentang Penguat Cascade Dua Tingkat Menggunakan JFET," Jurnal Teknik Elektro, 2007.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

[1]
R. Rama Putra and W. Djuriatno, “Perancangan Dan Implementasi Wave Shaper Pada Transistor Dengan Metode Soft Clipping”, jeeccis, vol. 13, no. 1, pp. pp. 51–56, Apr. 2019.

Issue

Section

Articles