Pengembangan Antena Bumbung Gelombang Persegi Mode TM untuk Aplikasi RF Energy Harvesting

Authors

  • Kresna Aditama Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan
  • Evyta Wismiana Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan
  • Bloko Budi Ridjadi Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan
  • Achmad Munir Laboratorium Telekomunikasi Radio dan Gelombang Mikro Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, ITB

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v13i1.572

Abstract

Dalam upaya memenuhi kebutuhan terhadap energi salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan teknik pemanenan energi (energy harvesting) yaitu pemanfaatan energi bebas yang banyak tersedia di alam seperti gelombang frekuensi radio (RF). Dalam pengaplikasiannya, gelombang RF yang berhamburan di udara dapat ditangkap dengan mengunakan perangkat bumbung gelombang, yang kemudian energi tersebut akan di konversi ke dalam besaran lain. Sinyal yang dihasilkan dari gelombang RF yang ditangkap berupa  gelombang  AC maka rangkaian penyearah yang terintegrasi dengan antena penerima akan mengubah gelombang tersebut menjadi keluaran tegangan DC. Dalam paper ini memaparkan pengembangan antena bumbung gelombang persegi dengan mode transverse magnetic (TM) yang akan digunakan sebagai antena   penerima.

References

S. D. Assimonis dan A. Bletsas, “Energy harvesting with a low-cost and high efficiency rectenna for low-power input,†pada IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS), Newport Beach, USA, Jan. 2014, hal. 229–231.

S. Salsabila dan A. Munir, “1.8GHz printed bow-tie dipole rectenna with voltage quadrupler for RF energy harvesting,†pada IEEE Region 10 Conference (TENCON), Penang, Malaysia, Nop. 2017, hal. 2939–2942

Y. Kawahara, W. Wei, Y. Narusue, R. Shigeta, T. Asami, dan M. Tentzeris, “Virtualizing power cords by wireless power transmission and energy harvesting,†pada IEEE Radio and Wireless Symposium, Austin, USA, Jan. 2013, hal. 37–39.

S. Meninger, “A low power controller for a MEMS based energy con- verter,†Tesis Master, Department Electrical Engineering and Computer Science, Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, USA, Jun. 1999.

T. Mitani, S. Kawashima, dan Nishimura, “A feasibility study on a voltage-doubler-type rectenna,†pada IEEE Wireless Power Transfer Conference (WPTC), Aveiro, Portugal, Mei 2016, hal. 1–3.

S. Y. Liao, Microwave Devices and Circuits, 3rd ed., Prentice Hall, 1996.

S. F. Mahmoud, Electromagnetic Waveguides: Theory and applications, The Institution of Engineering and Technology, 1991.

R. E. Collin, Foundations for Microwave Engineering, 2nd ed., Wiley- IEEE Press, 2001.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

[1]
K. Aditama, E. Wismiana, B. B. Ridjadi, and A. Munir, “Pengembangan Antena Bumbung Gelombang Persegi Mode TM untuk Aplikasi RF Energy Harvesting”, jeeccis, vol. 13, no. 1, pp. pp. 57–59, Apr. 2019.

Issue

Section

Articles