Rancang Bangun Camera Trap Pengirim Video Real-Time Berbasis Video Sender

Sri Ratna Sulistiyanti, F.X. Arinto Setyawan, Sri Purwiyanti, Minhajjul Abidin Jaya

Abstract


Indonesia merupakan negara yang kaya akan satwa, namun diantara beberapa satwa masuk dalam kategori terancam punah. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya konservasi untuk melindungi keberadaannya. Salah satunya adalah dengan melakukan pengamatan terhadap keberadaan hewan tersebut. Pengamatan secara langsung sulit dilakukan karena beberapa spesies merupakan satwa elusif. Karena sifat tersebut maka satwa-satwa ini memiliki daerah teritorial yang terpencil dan sulit diakses yang menyebabkan pengamatan secara langsung kurang memungkinkan. Oleh sebab itu dirancang sebuah camera trap yang merekam video secara otomatis dengan tampilan secara realtime pada user interface berbasis video sender.Camera trap ini juga mampu mengirimkan video ke pengamat yang tidak berada pada lokasi pengamatan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata camera trap mampu aktif selama 20,8 jam, mampu mendeteksi keberadaan objek hingga 6 meter pada sudut 0O dan maksimal 4 meter pada sudut jangkauan 90O, jarak pengiriman video sender tidak lebih dari 300 m, untuk rekaman selama 5 detik rata-rata ukuran data sebesar 505.54 kB, saat malam hari objek yang dapat terlihat dengan jelas hanya sampai jarak 3 meter.

Full Text:

PDF

References


Alistia, R. B., 2010, Sistem Kendali Tele Robotik Berkamera dengan Pemancar VHF Berbasiskan Mikrokontroller AVR ATMEGA 8535, pp. 6-7.

Aly, H. H. et al., 20214, Purwa Rupa Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Sebagai Alat Bantu Tim Penyelamat dalam Pencarian Korban Hilang di Hutan, Jurnal Teknik Elektro,Volume 3, p. 157.

Anon., 2015. Wikipedia.

https://en.wikipedia.org/wiki/Camera_trap. Diakses pada 4 September 2015

Duyo, R. A., 2009,Aplikasi Rangkaian Terintegrasi MC 1374 Sebagai Pemancar Audio pada Kanal Hight Frequency Televisi, Volume 4, p. 1.

Prima, B., 2013,Perancangan Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Sensor PIR, p. 2.

Alistia, B. R. 2010,Sistem Kendali TeleRobotik Berkamera dengan Pemancar VHF BerbasiskanMikrokontroller AVR ATMEGA 8535.

Smithsonian, 2011. Smithsonian Wild. http://siwild.si.edu/animal-index.cfm. Diakses pada 4 September 2015

Syaryadhi, M., 2007,Sistem keran Wudhuk Menggunakan Sensor PIR Berbasis Mikrokontroler AT89C2051,Jurnal Rekayasa Elektrika, Volume 6, p. 1.

Team, T., 2015. WWF Indonesia. http://www.wwf.or.id/?40662/KompetisiCameraTrap. Diakses pada 4 September 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.