Pengaturan Putaran Engine Saat Kecepatan Idle Berdasarkan Suhu Udara Masuk Berbasis Metode Fuzzy pada Motor Bensin

Intanto Oktavian, Muhammad Aziz Muslim, Goegoes Dwi Nusantoro

Abstract


Seiring dengan berkembangnya Teknologi dunia otomotif pun mengalamai banyak perubahan dan muncul berbagai inovasi baru baik di bagian mekanik maupun kelistrikannya. Penelitian ini difokuskan pada pengendalian putaran engine yang disesuaikan berdasarkan temperature udara masuk intake manifold menggunakan metode KLF. Perancangan KLF menggunakan lima Membership Function (MF) dengan metode Inferensi Max-Min dan metode defuzzifikasi Center Of Area (COA). Hasil pengujian menunjukkan bahwa KLF cukup berhasil digunakan untuk menjaga set point sesuai yang diinginkan dengan nilai error steady state sebesar 1,07% dan 1,35%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.