DSS Menggunakan Metode Group Technology untuk Pelayanan Teknis PT. PLN Rayon Ngunut

Budi Artono, M. Aziz Muslim

Abstract


Pelayanan teknis adalah satu produk PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan teknis untuk gangguan berfungsi optimal apabila setiap pengaduan dan keluhan pelanggan mampu terselesaikan baik dengan response time dan waktu pemulihan yang singkat. Untuk itu dikembangkan sistem DSS agar gangguan pelanggan dapat ditindaklanjuti secara cepat dan tepat oleh petugas pelaksana teknis PLN, serta memberikan gambaran kepada manager dalam bentuk dashboard guna memudahkan pengambilan keputusan. Pada penelitian ini untuk pengelompokkan jenis gangguan, gejala gangguan, tools, proses penanganan gangguan dan variabel lain yang menunjang dalam proses penanganan gangguan digunakan Metode Group Techonology (GT). Proses analisis yang digunakan adalah Classification and Coding dan Hybrid Code atau Mixed. Decision Support System (DSS) dikembangkan berbasis website agar bisa diakses melalui internet. Dengan metode ini response time dan waktu pemulihan dapat ditingkatkan hingga 75 %. Hasil validasi yang dilakukan pada sistem menunjukkan rata - rata tingkat keberhasilan sebesar 99%.

Kata Kunci— Decision Support System, Group Technology, Pelayanan Teknis PT.PLN Rayon Ngunut, Web-based


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.