Analisis Beamforming Adaptif pada Smart Antenna Menggunakan Algoritma Robust Kalman Filter : kondisi stasioner dan nonstasioner

Authors

  • Andriana Kusuma Dewi Program Magister Elektro Universitas Brawijaya
  • Sholeh Hadi Pramono Program Magister Teknik Elektro Universitas Brawijaya
  • Onny Setyawati Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v6i2.179

Abstract

Permasalahan kurang efektifnya pola radiasi antena sering terjadi pada sistem komunikasi personal dan bergerak. Hal ini diakibatkan gangguan dari pemakai komunikasi lain. Gangguan dapat diminimalisasi dengan menggunakan Smart antenna yang mengubah pola antenna untuk menyesuaikan diri terhadap noise dan interferensi. Paper ini berisi simulasi dan analisa beamforming adaptif pada smart antenna menggunakan algoritma Robust Kalman filter. Algoritma robust Kalman filter digunakan pada berbagai jarak antar elemen dan jumlah elemen antena. Antena dengan 6 elemen dan jarak antar elemen 0.5λ mencapai nilai pengarahan beam pada AoA pada 0o dicapai dengan sudut 0.5273o, Nulling interferensi -40o dan 50o dicapai dengan -40.7o dan 49.8o, SINR 10.737, HPBW 23.99o dan NIS 0.96. Beberapa nilai parameter tersebut merupakan nilai yang terbaik dibandingkan jarak antar antena dan jumlah elemen antena yang lain. Nilai yang dicapai tidak terlalu jauh berbeda pada kondisi nonstasioner.Kata Kunci—Smart antenna, Beamforming Adaptif, Robust Kalman filter.

Downloads

How to Cite

[1]
A. K. Dewi, S. H. Pramono, and O. Setyawati, “Analisis Beamforming Adaptif pada Smart Antenna Menggunakan Algoritma Robust Kalman Filter : kondisi stasioner dan nonstasioner”, jeeccis, vol. 6, no. 2, pp. pp.139–144, Apr. 2013.

Issue

Section

Articles