Desain dan Analisis Sistem Kontrol Beban Lebih Pada Listrik Rumah Tinggal dengan Multi Grup

Denny R. Pattiapon

Abstract


Pembagian grup pada instalasi listrik rumah tinggal bertujuan untuk memperkecil gangguan pada instalasi. Problem yang sering dirasakan adalah apabila alat yang ingin dipakai tidak dapat dilayani (beban tersedia untuk tiap grup terlampau kecil).Untuk mengatasinya, maka di desain suatu sistem kontrol pemindahan beban pada instalasi listrik yang menggunakan pembagian grup, dimana jika terjadi pemakaian beban lebih pada grup I, maka sistem kontrol ini langsung memindahkan penyaluran beban ke grup II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi beban lebih pada instalasi rumah tinggal dengan multi grup dengan beban terpasang 2200 VA, dan dibagi menjadi 2 (dua) grup dengan beban setiap grup 1100 VA. Desain dimulai dengan merancang dan membuat sensor arus dengan output tegangan 9 Volt yang berfungsi untuk mengatur beban pada salah satu grup, mendesain perangkat lunak dan simulasi pada Smart relai, Smart relai yang dipakai adalah SR1 B102BDdan sistem pemindahan beban dengan menggunakankontaktor.

Pengujian rancangan dan pembuatan sensor arus dilakukan pada grup I dengan menggunakan beban 2(dua) lampu pijar 150 Watt,4 (empat) lampu pijar 200 Watt, hasil pengujian menunjukkan bahwa setiap beban pada grup I mencapai 1100 Watt, keluaran sensor arus sebesar 9 Volt, dan memicu Smart relay untuk memindahkan beban pada grup II.

Kata Kunci—Kesetimbangan beban, Sensor arus, Smart relay dan Kontaktor.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.