Analisis Performansi Raspberry-Pi/Aptus Box Sebagai Portable Server MOOCS

Achmad Basuki, Sabriansyah Rizkika Akbar, Raden Arief Setyawan

Abstract


Dewasa ini pemanfaatan e-learning sebagai sarana pembelajaran telah sangat massif. Berkembangnya internet memberikan berbagai alternatif sarana pembelajaran bagi setiap orang. Namun sayangnya kemudahan ini tidak dapat dinikmati oleh masyarakat di area terpencil yang tidak memiliki akses internet. Salah satu cara agar masyarakat tersebut tetap dapat menikmati pembelajaran melalui e-learning adalah menggunakan portable server. Penelitian ini mencoba menganalisa penggunaan Raspberry Pi, sebuah minicomputer, sebagai portable server untuk e-learning.


References


J. Squires, "Docebo," Docebo, 5 Dec 2014. [Online]. Available: https://www.docebo.com/blog/moocs-corporate-training-elearning/. [Accessed 20 01 2018].

Macleod, "Emerging patterns in MOOCs: Learners, course designs and directions," HarvardX and MITx: Two Years of Open Online Courses Fall 2012-Summer 2014, pp. 56-63, 2015.

P. R. Ho, "HarvardX and MITx: Two Years of Open Online Courses Fall 2012-Summer 2014," SRRN, Cambridge, 2015.

Gehlen-Baum V., "Technology use in lectures to enhance students’ attention," in Open Learning and Teaching in Educational Communities , vol. 8719, Springer, Cham, 2016, pp. 125-137.

M. &. E. S. Jakani, "MOODLEBOX: A NEWLY CONCEIVED MOBILE POCKET PLATFORM FOR MOBILE LEARNING," American Journal of Innovative Research and Applied Sciences (AJIRAS), vol. 4, pp. 264-271, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.