Pengaturan Putaran Engine Saat Kecepatan Idle Berdasarkan Suhu Udara Masuk Berbasis Metode Fuzzy pada Motor Bensin

Authors

  • Intanto Oktavian Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang
  • Muhammad Aziz Muslim
  • Goegoes Dwi Nusantoro

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v10i1.477

Abstract

Seiring dengan berkembangnya Teknologi dunia otomotif pun mengalamai banyak perubahan dan muncul berbagai inovasi baru baik di bagian mekanik maupun kelistrikannya. Penelitian ini difokuskan pada pengendalian putaran engine yang disesuaikan berdasarkan temperature udara masuk intake manifold menggunakan metode KLF. Perancangan KLF menggunakan lima Membership Function (MF) dengan metode Inferensi Max-Min dan metode defuzzifikasi Center Of Area (COA). Hasil pengujian menunjukkan bahwa KLF cukup berhasil digunakan untuk menjaga set point sesuai yang diinginkan dengan nilai error steady state sebesar 1,07% dan 1,35%.

Downloads

Published

2016-06-01

How to Cite

[1]
I. Oktavian, M. A. Muslim, and G. D. Nusantoro, “Pengaturan Putaran Engine Saat Kecepatan Idle Berdasarkan Suhu Udara Masuk Berbasis Metode Fuzzy pada Motor Bensin”, jeeccis, vol. 10, no. 1, pp. pp. 10–15, Jun. 2016.

Issue

Section

Articles