Implementasi Metode k-Nearest Neighbor pada Pengenalan Pola Tekstur Citra Saliva untuk Deteksi Ovulasi

Authors

  • subairi subairi Universitas Brawijaya
  • Rahmadwati Rahmadwati Uneversitas Brawijaya
  • Erni Yudaningtyas Uneversitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/jeeccis.v12i1.464

Abstract

Abstrak–- Masa subur pada wanita dewasa adalah periodik dan berhubungan dengan siklus menstruasi. Untuk mengetahui masa subur telah banyak dikembangkan alat monitor kesuburan dengan berbagai metode antara lain, metode lendir servik, monitor hormon Luteinizing urin, monitor suhu tubuh basal, observasi diameter folikular, monitor folikel hormon antimulerian, observasi online, monitor hormon kesuburan elektronik, metode peak day, dan metode standard day. Selain metode tersebut, monitoring masa subur juga bisa dideteksi dengan memeriksa kristal cairan air liur (ferning saliva).Penelitian ini membahas bagaimana mendeteksi masa ovulasi pada wanita berdasarkan citra pola ferning saliva menggunakan metode metode k-nearest neighbor sehingga dapat membantu dan memudahkan dalam menentukan masa tidak subur (infertile period), transisi ke masa subur (intermediate period), dan puncak masa subur (fertile period) dengan akurasi yang lebih baik.Data masukan berupa lima parameter dari fitur tekstur GLCM (gray-level co-occurence matrices), yang meliputi ASM, contrast, IDM, entropy, dan correlation, yang diambil dari rata-rata dari masing-masing sudut 0°, 45°, 90°, dan 135°. Sedangkan data keluaran adalah salah satu dari tiga klasifikasi dari masa ovulasi, yaitu infertile, intermediate, dan fertile dengan akurasi 93%.

Author Biographies

subairi subairi, Universitas Brawijaya

Mahasiswa Teknik Elektro, Fakultas Teknik Uneversitas Brawijaya

Rahmadwati Rahmadwati, Uneversitas Brawijaya

Dosen Fakultas Teknik Universitas brawijaya

Erni Yudaningtyas, Uneversitas Brawijaya

Dosen Fakultas Teknik Universitas brawijaya

References

Bullough, V. L. 2001. Encyclopedia of Birth Control. California: ABC-CLIO.

Parmawati, I. 2015. Merencanakan atau Mencegah Kehamilan Secara Efektif dan Efisien dengan Monitor Ovulasi: Studi Literatur. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan. ISSN 2460-4143: 37-41.

Putra, D. 2010. Pengolahan Citra Digital. Jogjakarta: Andi Offset.

Khurana, I. 2008. Essentials of Medical Physiology. India: Elsevier.

Kadir, Abdul, & Susanto, Adhi. 2013. Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sucahyono, A. & Geniofan. 2009. Merencanakan Jenis Kelamin Anak. Jakarta: Gramedia.

Cho, C. 1996. Apparatus for Determining Fertile Periods. U.S. Patent No. 5,572,370. Washington, DC: U.S. Patent and Trademark Office.

Downloads

Published

2018-04-03

How to Cite

[1]
subairi subairi, R. Rahmadwati, and E. Yudaningtyas, “Implementasi Metode k-Nearest Neighbor pada Pengenalan Pola Tekstur Citra Saliva untuk Deteksi Ovulasi”, jeeccis, vol. 12, no. 1, pp. pp. 9–14, Apr. 2018.

Issue

Section

Articles